sore-hocksPernahkah anda memperhatikan bagian bawah kaki kelinci yang Anda pelihara? apakah pernah ditemui seperti gambar disamping ini? Kalau “iya” maka kelinci Anda mengidap penyakit yang namanya “sore hocks”. Lho koq bisa? mari kita baca lebih lanjut.

Penyakit “Shore Hocks” adalah merupakan jenis penyakit yang ditimbulkan oleh situasi kandang/dimana kelinci itu ditempatkan. Sesungguhnya kelinci yang memiliki penyakit ini sangat menderita dan kesakitan. Penyakit ini terjadi tidak hanya pada peternakan skala besar, namun juga bisa terjadi pada skala yang lebih kecil maupun rumahan.

Gejala penyakit  ini biasanya muncul pada kaki belakang Kelinci, bulu-bulu dibagaian bawah sampai ke siku biasanya telah hilang dan yang tampak adalah hanya kulit yang nampak kemerahan.  Hal ini tidak akan berlanjut menjadi serius jika saja tidak mengalami luka terbuka pada bagian tersebut.  Bahaya lain/infkesi akan muncul jika saja keadaan demikian tidak ditindak lanjuti dengan penanganan yang baik. Jika saja infeksi sudah terjadi maka bakteri akan masuk kedalam aliran darah dan menyerang bagian tubuh yang lain sehingga dampak yang mungkin adalah membawa kelinci tersebut pada kematian.

Penyebab dari penyakit sore hocks adalah lebih sering dikarenakan masalah sanitary dari lingkungan tinggal, lantai dikandang kotor oleh feses kelinci maupun adanya kebocoran  dari cairan-cairan yang tumpah yang menggenangi lantai secara terus menerus. Untuk peternakan besar yang biasanya memakai kandang beralas kawat adalah juga menjadi masalah utama dari penyakit ini.

Untuk menangani Kelinci yang terjangkit masalah ini adalah mudah saja, pindahkan kelinci dari kandang yang menjadi penyebabnya. Tempatkan dalam kandang yang nyaman dan yakinkan bahwa bulu-bulu yang gungdul tadi dapat tumbuh kembali dan bila ada luka yang terlihat maka ini harus didahulukan dengan memberinya pengobatan bagi lukanya. Biasanya bisa dioleskan dengan salep yang mengandung antibitotic atau obat tetes yang mengandung Yodium (betadine).

so, meskipun terlihat bukan seperti sesuatu yang manakutkan tapi, kata kuncinya adalah pencegahan tetap lebih baik  dari pada mengobati.