Para pengunjung Blog tercinta… coba amati dalam forum-forum kelinci di Indonesia, banyak sekali pertanyaan-pertanyaan seputar pemberian minum bagi kelinci dan berbagai macam pula jawaban yang diberikan.

Kali ini Saya akan coba bawakan topik untuk menanggapi pro dan kontra yang terjadi dalam masalah ini.

kelinci-butuh-minum

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelinci dapat kehilangan/menghabiskan hampir sebagian lemak dibagian tubuh depannya dan kehilangan lebih dari 50% pada tubuhnya untuk dapat bertahan hidup. Tetapi kekurangan cairan yang hanya sepersepuluh dari masa tubuhnya, maka bisa membawa petaka ke arah kematian kelinci tersebut.  Sama seperti manusia, bahwa air adalah kebutuhan yang sangat penting dan menjadi kebutuhan utama bagi setiap organ-organ tubuh. Tanpa air, tidak ada sari-sari makanan yang bisa diserap. Pengeluaran limbah-limbah yang berbahaya bagi tubuh kelinci melalui urine juga sangat tergantung dari kecukupan jumlah air yang diberikan.

Lha kan kelinci sudah makan sayur/daun-daunan yang mengandung banyak air?. Betul tetapi air yang dihasilkan tersebut jumlahnya adalah sangat kecil dan air tersebut dinamakan “Metabolic water” atau air hasil metabolisme tubuh.

Kebutuhan akan air bagi kelinci adalah sangat bervariasi, dilihat dari faktor usia bahwa kelinci yang masih mudah membutuhkan air lebih banyak dari pada kelinci yang lebih tua dan kekurangan air pada saat awal kehidupan kelinci akan dapat memperlambat pertumbuhannya.  Faktor lainnya adalah faktor cuaca dan faktor pakan yang diberikan. Pada cuaca yang sangat panas dimana matahari bersinar terang, kelinci dapat kehilangan cairan sebanyak 100 cc per jam dan tentunya lebih sedikit (kurang dari 80 cc) pada saat musim mendung/hujan. Pemberian pakan yang tinggi serat, protein dan mineral juga sangat membutuhkan pemberian cairan yang lebih banyak.

Tidak semua pakan kelinci memiliki kandungan air yang sama, jika anda memberikan kelinci anda lobak/wortel maka kandungan air didalamnya adalah sekitar 95%, sayur-syuran / rumput sekitar 85% -97%, hay & concentrat adalah 55%. Dengan melihat komposisi air dari pakan yang anda berikan maka anda akan bisa memprediksi seberapa besar kebutuhan air bagi kelinci anda.

Jadi jangan pernah lupa untuk senantiasa mengontrol botol  minum kelinci Anda sebelum semuanya terlambat.

Semoga bermanfaat.

 

Source : http://www.petcaregt.com