Dear Bro & Sis pecinta Kelinci,

Sharing aja nih, Minggu yang lalu salah satu kelinci Saya kalau diperhatikan selalu saja kaki depannya menggaruk-garuk kupingnya. Setelah diperiksa  ternyata ada semacam kerak di daerah kulit bagian dalam daun telinga yang menutupi tulang lunaknya. Kerak ini tidak seperti kelinci yang terkena scabies (kerak putih bergumpal), yang ini keraknya seperti jaringan kulit mati dan berwarna lebih gelap dari warna kulit disekitarnya. Karena pernah menulis tentang “Ear Mites” jadi bisa disimpulkan bahwa kelinci Saya terkena penyakit ini.

Lalu pengobatannya bagaimana? Lokasi Saya cukup jauh untuk mendatangi pet shop / dokter hewan, jadi Saya kasih Saja salep rumahan, kebetulan dirumah ada kotak P3K dan ditemukan obat gatal-gatal sisa anak Saya. Namanya Gentacortin cream (Up load foto in progress), kemudian Saya oleskan salep tersebut pada kedua telinga kelinci tersebut, area penyalepan melebihi area sakitnya. Karena takut kalau-kalau area yang lain juga sudah dijangkiti oleh kutu-kutu tersebut.

Dosis yang diberikan adalah 2 kali sehari pada pagi dan sore dan Alhamdulillah pada hari kedua, lapisan kulit matinya mulai mengelupas dan sudah mulus kembali. Jadi hanya 3 hari Saya melakukan pengobatan untuk penyakit ini. Dan sekarang kelinci Saya sudah tidak lagi menggaruk-garukan kaki depannya ke telinga.