Kelinci adalah mamalia penghuni daratan yang dapat ditemukan mulai dari padang pasir, hutan tropis maupun pada daerah dingin.

Pada belahan bumi bagian timur banyak terdapat didaratan eropa, sebagian pada Afrika tengah dan Afrika selatan, dan pada sub-benua Asia tersebar pada pulau Sumatra dan Jepang.

KLASIFIKASI SAINTIFIK

Kingdom (Kerajaan) : ANIMALIA

Phylum (Klasifikasi tingkat pertama) : CHORDATA

Class : MAMMALIA

Ordo : LAGOMORPHA

Family : LEPORIDAE

Genus : Pentalagus (Amami rabbits), Bunolagus, Nesolagus, Romerolagus, Brachylagus, Sylvilagus, Oryctolagus, Poelagus.

KARAKTERISTIK & ANATOMI

Pada umumnya Kelinci memiliki kuping yang panjang sebagai bentuk adaptasi pada kehidupan mereka dan menghindari hewan pemangsa (Predator), panjang kuping kelinci pada umumnya adalah sekitar 10 cm (4 inch). Kelinci juga memiliki kaki belakang yang kuat dengan ekor yang pendek. Setiap kaki memiliki 4 jari yang pada ujungnya sangat berperan sebagai penggerak. Bentuk badan pada umumnya berbentuk lonjong telur dan pada umumnya kelinci-kilinci liar memiliki keseragaman dalam bentuk tubuh dan cara berdirinya.

Kelinci yang terkecil yang pernah ada dinamakan pygmy rabbit (Brachylagus Idahoensis) 180px-brachylagus_idahoensis

Panjang badannya hanya sekitar 20 cm dengan berat kira-kira 0.4 Kg dan Kelinci jenis lain yang terbesar yang pernah diketahui adalah memiliki panjang badan mencapai 50 cm dan berat 12 Kg.

Pada umumnya bulu yang ditemukan pada kelinci adalah panjang dan halus, warna bulunya secara general adalah coklat muda, abu-abu dan kekuning-kuningan. Untuk yang berwarna hitam ditemukan pada jenis Amami rabbits (pentalagus furnessi) dari jepang serta corak dua strip hitam yang berasal dari Asia Tenggara.  Ekor kelinci adalah berbentuk seperti gumpalan bulu yang lembut yang berwarna kecoklatan pada bagian bawahnya dan putih pada ujung ekor.

disarikan dari:  wikipedia.org