Mungkin selama ini para Rabbit lover sudah terbiasa mengangkat kelinci dengan mencengkram kedua telinga kelinci dan tampaknya tidak apa-apa. Great… You’re luck bahwa sampai sekarang kelinci tersebut tampaknya tidak masalah.

Setelah membaca tulisan dibawah ini, mungkin Anda sekalian bisa memperlakukan hewan kesayangannya ini dengan lebih hati-hati lagi.

CARA MENGANGKAT KELINCI YANG BENAR

Dalam kesehariannya, para pemilik kelinci pasti pernah mengalami kesulitan dalam mengangkat hewan peliharaannya ini. Apalagi jika Anda adalah para pemula baru saja memiliki hewan peliharaan ini.  Kelinci yang masih belum terlatih ini kemungkinan masih bersifat tidak ramah pada saat akan diangkat, kadang dia menggeliat tak beraturan untuk melepaskan diri, menendang-nendang bahkan yang terburuk adalah menggigit tangan kita.

Sedikit pandangan tentang kelinci

Mengangkat dan menjinjing kelinci dengan mencengkran bagian tubuhnya pada suatu ketinggian adalah bukan kebiasaan dari kelinci kesayangan anda. Kelinci tidak memiliki sayap yang didesign untuk bisa terbang. Kelinci adalah hewan lemah lembut, dan tangan anda yang mencengkram kelinci sedemikian rupa akan dirasakan oleh si Kelinci sebagai cengkraman dari burung elang ataupun predator lainnya.

Jadi gimana dong cara mengangkat kelinci itu?

 Yang utamanya adalah jangan pernah untuk mengangkat hewan peliharaan Anda pada telinga, kaki atau tangan dan juga tengkuknya. Dengan melakukan hal ini berarti dapat mengakibatkan resiko yang besar pada Kelinci Anda.

Mengangkat Kelinci

Saat mengangkat kelinci, gunakanlah kedua tangan anda. Satu tangan menopang dada dan yang satunya lagi menopang bagian belakang kelinci. Jika kelinci Anda adalah jenis kelinci yang kecil ataupun kelinci yang belum dewasa maka mengangkat dengan satu tangan masih dibolehkan, asalkan dengan prosedure yang benar yakni ke empat jari anda menopang dada dan bagian jempol diletakan diatas pundak kelinci sambil memberikan tekanan yang cukup (jangan terlalu keras).

Angkatlah kelinci secara perlahan sampai bagian kepala lebih tinggi dari bagian pantat-nya sampai bagian pantat(bawah)nya ikut terangkat. Hal ini akan mencegah kelinci menendang-nendang atau mencoba untuk meloncat kedepan.

Untuk lebih jelasnya lihat ilustrasi gambar berikut :

handling1

 

 

 

 

 

 

 

 

Cara menggendong Kelinci

Sewaktu menggendong kelinci anda harus mendekapnya dan menempelkannya pada tubuh anda, atau yang paling simpel adalah dengan menggunakan keranjang khusus untuk kelinci. Ada beberapa cara dalam menggendong kelinci, tapi yang paling penting adalah pastikan bahwa kelinci tersebut merasa nyaman dalam posisinya.

Salah satu posisi bisa dilakukan adalah dengan menggenggamnya dalam pelukan Anda. Posisi keempat kaki kelinci menempel pada dada dengan wajah menghadap keatas.

Letakan satu tangan anda pada bagian bawah kelinci untuk menopang beban tubuhnya dan tangan yang satu lagi menekan bagian punggung kelinci ke dada anda dengan jempol menahan salah satu kaki kelinci (menguncinya) untuk menghindari kelinci tersebut lompat dan mencoba meloloskan diri.handling3

 

 

 

 

 

 

 

 

posisi yang lain adalah dengan perlakuan yang sama yakni kelinci tersebut tetap dalam pelukan anda,  genggan kelinci tersebut dengan kakinya menumpu pada bagian pinggang atas anda dan posisi badan bagian samping menempel pada tubuh anda.  Gunakan tangan kiri untuk menopang berat tubuh si kelinci dan tangan yang satunya lagi adalah melingkari bagian punggung kelinci dengan jari-jari digunakan untuk menahan bagian kaki depan kelinci sebagai pengunci. Lakukan hal ini dengan tekanan yang cukup untuk mencegah kelinci berusaha untuk melompat melepaskan diri. handling2

 

 

 

 

 

 

Tentu pada awalnya kita akan merasa kesulitan, tapi demi kenyamanan peliharaan tercinta ini agar dapat merasa nyaman dan menjauhkannya dari faktor resiko cidera, maka tidak ada salahnya untuk berlatih mempraktekannya.

So…. kenapa tidak dicoba.

Source : ditranslate dari : http://www.rabbitrehome.org.uk/care/handling.asp

Advertisements