Kondisi dimana gigi seri kelinci terus tumbuh dan semakin panjang. Gigi atas memanjang ke bawah dan gigi bawah terus memanjang keatas. Kedua gigi ini bisa menembus gusi dibagian yang lain. Jika ini sampai terjadi, kelinci akan merasa sangat kesakitan dan pasti kesulitan untuk makan.

malocclusion

Malocclusion biasanya bersifat menurun. Artinya induk yang memiliki kelainan seperti ini akan menurunkan sifatnya ke anak-anak yang dilahirkannya. Jadi jika kelinci anda memiliki kelainan seperti ini, sebaiknya tidak dikembangbiakkan.

Untuk mengatasi masalah malocclusion ini, dapat dilakukan pemotongan gigi secara berkala. Setelah gigi seri dipotong, akan tumbuh memanjang lagi dan biasanya pertumbuhannya menjadi lebih cepat. Pemotongan gigi yang tumbuh seperti ini hendaknya dilakukan terus secara rutin seumur hidup kelinci. Cara lain yang lebih ekstrim yaitu dengan mencabut gigi serinya. Dibutuhkan ketrampilan khusus dan mungkin obat-obat penahan rasa sakit. Konsultasikan hal ini dengan dokter hewan anda. ( Source : Drh. Amir Mahmud)