Dear para pecinta kelinci, post ini adalah merupakan kelanjutan dari post ke-1. Ternyata untuk membahas prilaku kelinci tidak cukup dicakup dalam satu halaman saja.

Ciuman kelinci

Wah, Kamu kotor sekali... Aku bersihkan ya...

Wah, Kamu kotor sekali... Aku bersihkan ya...

Aktifitas ini mungkin tidak asing lagi, sama seperti hewan peliharaan lainnya baik kucing maupun anjing yang kita pelihara. Suatu waktu kita melihat mereka menciumi satu sama lain dan juga menjilati bulu-bulunya. Ternyata prilaku ini juga berlaku bagi si Kelinci. Tujuan dari aktifitas ini adalah untuk membersihkan dan merawat bulu-bulu mereka, mereka dapat melakukanya sendiri. Jadi pertanyaan apakah kelinci tersebut perlu mandi? tentunya sudah bisa terjawab ya. Prilaku kelinci yang seperti ini bisa juga tidak terhadap kelinci lainnya tetapi pada anda, dan ini berarti bahwa kelinci tersebut menyukai dan merasa aman bersama anda.

Respons terbaik anda:   Meskipun kita gemes dengan prilaku kelinci kita, tapi tetap berhati-hati untuk tidak menciumi kelinci kita secara berlebihan karena tetap saja ada potensi bahwa bulu-bulunya akan ikut masuk kedalam sistem pernafasan terlebih lagi jika anda memiliki riwayat alegi. Jadi yang wajar-wajar saja.

 

Menghentak-kan Kaki Belakang
ihhh.. apan tuch!!! Dug Dug.., Dug Dug..!!!

ihhh.. apan tuch!!! Dug Dug.., Dug Dug..!!!

Prilaku ini juga merupakan prilaku umum yang sering terlihat, ia dengan keras menghentakkan kaki belakangnya pada lantai / tanah yang dipijaknya, tapi tahukah anda apa maksudnya?. Ini adalah salah satu cara kelinci untuk memperingatkan kelinci yang lain bahwa ada hal yang menakutkannya. Makanya kenapa kelinci tidak begitu suka dengan kegelapan, karena ia adalah hewan yang mudah kaget.

Respon terbaik anda : berikan penerangan yang cukup pada tempat memelihara kelinci anda, sehingga tidak ada kekhawatiran bagi si kelinci. Jika ia ditempatkan dalam ruang yang gelap dan melihat gerakan (orang masuk ruangan) maka ia akan melakukan hal ini.

 

Meloncat-loncat

Hore... I'm free..!!!

Hore... I'm free..!!!

Pernahkah anda mengurung kelinci anda dalam waktu yang cukup lama? coba sesekali lepaskan di halaman, maka prilaku ini akan ditunjukannya. Yup, ini adalah merupakan ekspresi kebahagiaan kelinci. Meloncat, berlari, meloncat, berlari seakan-akan berkata kepada kita “Aku bebas…”.

 

Reponse terbaik anda : Perhatikan gerakannya dan nikmatilah kebahagiaannya.

 

Berdiri dengan kaki belakang

Okay..keadaan aman, lompat gak ya...???

Okay..keadaan aman, lompat gak ya...???

Biasanya prilaku ini diistilahkan “telescoping” dimana si kelinci mengintai dahulu area yang tidak terlihat dengan posisi normal. Prilaku ini akan sering terlihat jika si kelinci akan melompati sesuatu yang menghalanginya.

Respons terbaik anda : Tidak perlu melakukan apapun, kecuali jia kelinci ini dipelihara didalam rumah. Bisa jadi lompatannya merusak benda-benda disekitarnya. Hindari benda-benda yang bisa membuat kelinci anda melompat.

About these ads