Dear Bro & Sis, ini ada tulisan mengenai sedikit ulasan dalam bentuk tanya jawab.  Fokusnya adalah untuk para pecinta kelinci hias. Kalau kiat ini diikuti untuk yang orientasi bisnis, sepertinya gak mungkin dech…

Tanya : Apakah boleh memelihara Kelinci dikandang yang beralas kawat?

Jawab : Kawat merupakan media yang keras bagi kelinci berhubung kelinci tidak memiliki tapak pada kakinya seperti hal-nya kucing dan anjing, tentunya hal ini akan membuat kelinci Anda kesakitan. Jika Anda terlanjur memiliki kandang dengan lantai kawat sebaiknya dilapisi dengan sebagian papan atau kain-kainan agar kelinci bisa beristirahat. Jika tidak, maka kelinci Anda akan menghabiskan waktunya pada tempat makan/kotoran yang disediakan didalam kandang. Coba anda perhatikan hal tersebut!.

Tanya : Berapakah ukuran kandang yang baik bagi Kelinci?

Jawab : Lebih besar adalah lebih bagus!, pada umumnya luas kandang  yang nyaman bagi kelinci adalah seluas 4 kali besar tubuhnya. Apalagi bila dalam kandang tersebut memiliki 2 lantai dimana terdapat tangga yang landai yang menghubungkan antar lantai. Kelinci sangat menyenangi ini.

Tanya : Apakah boleh kelinci dilepas selama 24 jam?

Jawab : Kelinci yang belum terlatih sebaiknya di pelihara dalam kandang selama Anda tidak ada dirumah untuk mengawasinya ataupun pada saat malam selama Anda tidur. Kelinci adalah binatang yang mudah kabur, artinya pada saat siang dan pada saat malam adalah waktunya dia tidur. Tapi pada saat subuh dan pada saat senja adalah waktunya untuk dia bermain. Biasakanlah untuk melepas kelinci/bermain bersamanya sebelum Anda pergi ke kantor dan setelah Anda tiba lagi sorenya.

Tanya : Kapan waktunya Kelinci boleh bermain didalam rumah? 

Jawab : Kelinci boleh saja bermain di dalam area rumah jika kelinci tersebut sudah dilatih dan pastikan bahwa bagian dari rumah Anda sudah dilindungi (yang perlu diingat adalah bahwa Kelinci tersebut adalah binatang pengerat). Semakin banyak ruang yang bisa dijelajahinya maka akan semakin menyenangkan bermain bersamanya.

Meskipun demikian, kelinci bisa saja merasa bosan. Dan usaha selanjutnya adalah bahwa Anda bisa memberikannya beberapa bentuk permainan baginya seperti kotak/kardus, majalah, buku telpon, sapu, keranjang atau apa saja agar dia bisa memiliki kesenangannya sendiri.

 

Translate from : http://www.rabbit.org/faq/sections/housing.html

About these ads